Selasa, 20 Maret 2012

KUTIL KELAMIN

Kutil kelamin yang dikenal sebagai genital warts, merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPU) yang juga dapat menyebabkan kanker serviks. Ada lebih dari 100 jenis virus HPU, hanya 30 – 40 tipe HPV yang menyerang daerah kelamin.
HPV tipe 6 & 11 menyebabkan 90% kasus kutil kelamin. Jenis HPV penyebab utama kanker servicks yaitu 16 & 18. beberapa cara menghilangkan kutil kelamin, yaitu membakarnya dengan jarum listrik (kauter) atau laser, membekukannya dengan nitrogen cair, memotongnya dengan bedah dan mengobati dengan zat kimia.
Setelah diobati kutil dapat tumbuh kembali pada saat daya tahan tubuh menurun. Penggunaan kondom dan vaksinasi merupakan cara pencegahan kutil kelamin. Efek penggunaan kondom ini tidak bisa mencegah 100%, hanya dapat menurunkan resiko terkena penularan penyakit seksual.
Vaksin HPV dapat diberikan untuk usia perempuan mulai dari 9 tahun atau dapat diberikan bagi mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Vaksin HPV diberikan dalam 3x suntikan yaitu bulan ke-0, ke-2 dan ke-6. Untuk deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan papsmear.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar